Efek negatif konsumsi mie instan

Jaman sekarang banyak orang ingin serba praktis dan instan. Tidak mau direpotkan dengan hal yang membuang waktu, salah satunya dalam urusan makan. Banyak sekarang beredar makanan instan yang dapat kita peroleh di pasaran, salah satunya adalah mie instan. Selain praktis, banyak bentuk kemasan yang memanjakan semua orang sehingga menjadikan suatu kebutuhan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan di sela kesibukan.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga kesehatan makanan dan minuman menyatakan bahwa, makanan instan termasuk mie instan mengandung bahan pengawet yang diawasi oleh badan BPOM secara resmi, memiliki banyak kandungan yang sering diabaikan oleh konsumen. Jika makanan berpengawet dikonsumsi secara rutin dan terus-menerus, bisa memicu gangguan kesehatan, termasuk kanker. Memang belum ada bukti ilmiah mengenai hal ini, baru dugaan. Karena itu, sebaiknya konsumsi mi instan sebaiknya dibatasi maksimal tiga kali dalam seminggu.

Itu sebabnya, mi instan tidak disarankan sebagai pengganjal perut satu-satunya setiap hari. Selain karena punya kandungan energi sedikit, mutu gizinya juga kurang. Konsumsilah makanan segar setiap hari untuk mendapatkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh.

Dibeberapa diskusi baik secara live di televisi maupun di media internet ramai dibicarakan mengenai hal ini. Banyak yang menyarankan untuk melakukan beberapa cara agar mengurangi efek dari bahan kimia yang terkandung dalam makanan mie instan, salah satunya dengan mengganti air rebusan saat mie telah masak.

Memang, ada beberapa anak mengalami diare karena terlalu sering mengkonsumsi makanan mie instan tanpa diimbangi dengan makanan alami. Malah ada kasus yang sempat menjadi pembicaraan beberapa waktu yang lalu mengenai pembuatan mie dari sebuah negara diluar, bagaimana di video tersebut diperlihatkan bagaimana pembuatan mie yang tidak memperhatikan higienitas dari mie instan itu sendiri.

Nah, apa sih kandungan yang ada dalam mie instann ?

Monosodium Glutamat(MSG)
Merupakan bahan adiktif yang dicampurkan ke dalam bumbu mie instan, MSG memberikan rasa gurih dan nikmat pada mie isntan, walaupunsebenarnya tidak memberikan rasa gurih yang berarti. MSG aman dikonsumsi sejauh tidak berlebihan. Meski dinilai aman, MSG hendaknya tidak diberikan bagi orang yang tengah mengalami cidera otak karena stroke, terbentur, terluka, atau penyakit syaraf. Konsumsi MSG menyebabkan penumpukan asam glutamat pada jaringan sel otak yang bisa berakibat kelumpuhan. Batasan aman yang pernah dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization), asupan MSG per hari sebaiknya sekitar 0-120 mg/kg berat badan.

Lilin
Mie instan ternyata mempunyai kandungan lilin yang berguna untuk membuat mie merekat satu sama lain. Kandungan lilin tersebut dapat merusak sistem kerja pencernaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan gangguan jika dikonsumsi secara berkala dan dapat mengakibatkan tumbuhnya sel penyebab kanker. Selain itu tubuh juga akan mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut. Karena tubuh kita memerlukan waktu sekitar 2-3 hari untuk mencerna zat lilin yang terdapat pada mie instan. Bayangkan jika Anda memakan mie instan tiap harinya, berapa banyak kandungan lilin di dalam tubuh Anda?

Natrium
Mie instan mempunyai kandungan natrium tinggi yang dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi, maag dan tekanan darah tinggi. Karena natrium tersebut dapat bersifat untuk menetralkan lambung, sehingga lambung akan mensekreasi asam dalam jumlah banyak untuk mencerna makanan. Akibatnya asam lambung menjadi naik dan terjadi pengikisan dinding lambung. Bagi penderita hipertensi, kandungan natrium tersebut cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Nah. Sekarang anda jadi semakin tahu tentang kandungan kimia dalam mie instan yang berbahaya bagi tubuh, berikutnya adalah apa dampak dari mengonsumsi mie instan secara berkala dan terus-menerus bagi kesehatan otak. Jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan, dampak yang akan diakibatkan sangat banyak dan vital.

Mulailah dari sekarang untuk hidup lebih sehat dengan menghindari makanan yang isntan yang banyak mengandung bahan berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

0 Response to "Efek negatif konsumsi mie instan"

Post a Comment